Blinked - seperti kita bahas sebelumnya, merupakan platform
media sosial dengan teknologi blockchain. Sudah sedikit terbayang ya apa yang
akan terjadi jika medsos memakai teknologi ini? Jika Anda belum mengenal
Blinked, bisa lihat ulasan saya sebelumnya Blinked – Platform Media Sosial EraBlockchain.
Istilah khusus dalam Blinked ada yang namanya “a blink”
yaitu rekomendasi yang dibuat para penggunanya. Rekomendasi ini berupa orang,
produk, tempat, acara, layanan, teknologi, dan sebagainya. A blink ini akan muncul pada umpan balik teman, dan bisa disukai
atau dikomentari.
Keunggulan Blinked dibandingkan Platform Media Sosial
Terpusat
1.
Pengguna mendapatkan bayaran
Kita tahu, bahwa informasi yang berharga memang layak
dihargai, sekalipun setiap orang yang memberikannya memang melakukan itu dengan
sukacita. Namun, setidaknya akan sangat menarik dan menghargai waktu yang
dialokasikan pemberi informasi yang berkualitas ini dalam bentuk bayaran. Terlebih lagi, misalnya sebuah ulasan tentang
sebuah Hotel yang sangat menguntungkan pemilik hotel, namun mengambil waktu
pemberi rekomendasi tentunya sangat disayangkan jika yang merekomendasikan ini
tidak mendapatkan apapun. Meskipun ada beberapa platform yang memonetisasi
kontribusi penggunanya seperti facebook, intagram, snapchat, TripAdvisor, dan
lain-lain, namun tidak ada kompensasi bagi artikel pengguna.
Di Blinked, pengguna dibayar untuk rekomendasi sekaligus
konten mereka. Caranya, ada sebuah dokumen khusus yang diberikan Blinked kepada
penggunanya, namun bukan diminta untuk
membeli aset digital atau apapun yang berkaitan dengan isi dokumen itu. Contoh
Pengguna A diminta untuk merekomendasikan sebuah produk baru berupa charger
yang mampu mengisi penuh daya baterai smartphone dalam 60 detik. Dengan
aktivitas ini, pengguna A mendapatkan imbalan dari Blinked di Blinked Gold
(BGZD) dan mendapat tip juga dari pengguna lain jika rekomendasinya bermanfaat
melaui aktivitas komentar. Semakin banyak respon, semakin banyak pula yang
dihasilkan pengguna A.
1.
Pengguna mendapatkan kompensasi dari iklan
Biasanya di media sosial terpusat seperti facebook,
penghasilan dari iklanhanya diambil oleh perusahaan saja. Aktivitas pengguna
dalam melihat iklan tidak mendapatkan apapun. Berbeda halnya di Blinked,
pengguna diberi insentif hanya dengan menonton iklan.
Kita tahu bahwa iklan seringkali dianggap sebuah “gangguan”
karena tujuan kita bermedia sosial bukan untuk belanja atau menerima informasi
bisnis. Kecuali jika iklan itu benar-benar menarik dan apa yang diiklankan
memang benar-benar barang atau jasa yang kebetulansangat dibutuhkan. nah,
Blinked sepertinya tahu betul keadaan itu, sehingga pengguna dibayar untuk
melihat iklan sampai 90% dari semua advenue di Blinked. Bisa dikatakan ini
merupakan perubahan besar dalam memperlakukan pengguna, dengan demikian
pengiklan dan pengguna menjadi sejajar peran dan bagiannya.
2.
Data Pengguna Aman karena teknologinya berbasis
Blockchain
Media sosial seperti facebook adalah contoh platform
terpusat, di mana data pengguna dimiliki oleh Mark Zuckerberg. Bukan berarti
mencurigai pemilik media sosial ini, namun bagaimanapun data yang menarik dalam
sebuah teknologi terpusat sewaktu-waktu bisa dimanfaatkan dan diperjual
belikan.
Berbeda jika memakai teknologi blockchain, integritas sistem
dijamin keamanannya. Kondisi ini akan terhindar dari tangan-tangan jahat yang
memiliki kemampuan untuk mengambil keuntungan dari data pengguna dan menjualnya
kepada pihak ketiga. Lalu, bagaimana aktivitas sosial terjadi tanpa adanya
sistem terpusat? Jelas bisa,karena algoritma dalam teknologi blockchain secara
otomatis akan mencocokkan pengiklan dengan pemorsa berdasarkan aktivitas
pengguna.
3.
Blinked tidak memerlukan biaya mahal untuk
menggunakan pihak ketiga dalam menganalisi pemirsa.
Biasanya analisis kampanye iklan dalam media sosial terpusat
memerlukan pihak ketiga agar iklan tepat sasaran yang biaya analisisnya saja
mahal dan tergolong relatif rumit. Secara tidak langsung hasil outsourching nya
juga mau tidakmau harus dipercayai, demi menyalurkan iklan kepada oran-orang
yang tepat. Mulai dari tarif terbuka, rasio klik tayang,tayangan, demografi,
dan sebagainya lumayan rumit dan kadang-kadang bahkan pada akhirnya hasil iklan
tidak memuaskan juga. Setidaknya itu pengalaman pribadi saya.
Dengan menggunakan blockchain, Blingked memilikikeunggulan
karena tidak memerlukan pihak ketiga dalam analisis pemirsa yang mahal dan
rumit. Pengguna akan dengan langsung menjangkau pengguna lain yang relevan
dengan konten iklannya. Misalnya iklan mobil akan secara langsung diberikan
kepada pengguna yang selalu menyajikan konten otomotif, iklan film akan diberikan
kepada orang yang selalu mengupdate rekomendasi film yangbaru saja dia tonton.
Selain itu, orang yang melihat iklan juga dibayar! Di sinilah
keunggulan yang besar menurut saya, karena dengan demikian iklan akan lebih
progrsif dan kampanye iklan jauh lebih terkonsentrasi dan efektif karena
sasaran iklanpun sengan sukacita melihat dan menonton tayangan iklan.
4.
Rekomendasi di Blinked dilakukan oleh pengguna
terpercaya
Bagaimana Blinked menjamin itu? Belinked dengan teknologi
blockchainnya mampu melakukan verifikasi
terhadap penggunanya sehingga para pengguna benar-benar mengatakan atau
melakukan rekomendasi sesuai apa yang mereka sukai. Jika pengguna
merekomendasikan restoran, artinya dia sudah diverifikasi oleh Blinked bahwa
dia pengguna yang setidaknya menyukai makan dan kuliner. Jadi, ada transparansi penuh, siapa pengguna
itu adalah apa yang ia katakan.
Dengan begitu, tidak akan ada kerugian biaya pengiklan
karena ulasan palsu seorang pengguna dan menyasar orang-orang yang tidak tepat.
Platform Blinked akan menjamin pengguna mengikuti orang-orang yang tulus dengan
passion dan hal-hal yang benar-benar mereka sukai.
5.
Platform Blinked memberikan ruang untuk
merekomendasikan apa saja
Biasanya sebuah platform hanya akan memberikan batasan untuk
merekomendasikan sesuatu hanya mencakup makanan, tempat makan, perjalanan,
hiburan, televisi, fashion, kosmetik, atau tema apa saja yang hanya ditentukan
oleh platform tersebut. Namun, kini di Blinked rekomendasi tidak terbatas hanya topik tertentu. Bisa saja
Anda memberikan rekomendasi berupa acara konser, orang, layanan, teknologi, dan
lain-lain sehingga bisa dikatakan Blinked memiliki ruang tak berujung.
Menarik bukan? Kini
saatnya bermedia sosial yang punya prospek bisnis. Kita bisa membagikan hal-hal
yang kita sukai, sekaligus mendapatkan imbalan dari sana. Buat Anda yang
tertarik bisa mengunjungi link di bawah ini:
Website : http://www.blinked.live/
Twitter : https://twitter.com/blinked_app
Facebook : https://www.facebook.com/BlinkedApp/
Perkenalkan pula, penulis dalam Bitcointalk
ETH : 0x23F5bADD1ABd047f0Dc93D71961BC2ed0C9f7Af8
No comments:
Post a Comment